1.
|
BerBerikut ikut ini adalah
karakteristik sikat gigi yang baik, kecuali :
|
A.
|
bulu
sikatnya keras sehingga mampu menjangjau seluruh lapisan gigi.
|
B.
|
bulu
sikatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak
|
C.
|
permukaan
bulu sikat gigi rata, kepala sikat gigi kecil,
|
D.
|
tangkai
sikat gigi lurus.
|
2.
|
Proses
komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan
pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang
sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
3.
|
Pernyataan
di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek sosial adalah....
|
A.
|
mulai
menyukai teman sebaya sesama jenis
|
B.
|
berperan
serta dalam permainan logika
|
C.
|
menyukai
teman sebaya lawan jenis
|
D.
|
dapat
bekerja dalam durasi waktu yang lama
|
4.
|
Jika
terjadi hands ball di daerah lapangan tengah hukumannya adalah….
|
A.
|
Trow
in
|
B.
|
Kick
of
|
C.
|
Free
kick
|
D.
|
Goal
kick
|
5.
|
Ketika
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias
memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah
menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi
minat siswa terhadap….
|
A.
|
penampilan
|
B.
|
pekerjaan
|
C.
|
sekolah
|
D.
|
status
|
6.
|
Permainan
bola basket berasal dari….
|
A.
|
Inggris
|
B.
|
Belanda
|
C.
|
Amerika
|
D.
|
Norwegia
|
7.
|
Apabila
terjadi pelanggaran handsball di titik A maka hukumannya….
|
A.
|
Kick
off
|
B.
|
Free
kick
|
C.
|
Corner
kick
|
D.
|
Corner
kick
|
8.
|
Induk
organisasi atletik tingkat dunia adalah….
|
A.
|
FIFA
|
B.
|
IAAF
|
C.
|
FIBA
|
D.
|
FINA
|
9.
|
Jumlah
pelari tiap regu lari estafet adalah…
|
A.
|
1
orang
|
B.
|
2
orang
|
C.
|
3
orang
|
D.
|
4
orang
|
10.
|
Berikut
ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami
siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
|
A.
|
adanya
gangguan hubungan keruangan
|
B.
|
kesulitan
dalam bahasa dan membaca
|
C.
|
gangguan
mengenal dan memahami simbol
|
D.
|
performance
IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
|
11.
|
Inovasi
merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada
sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa
S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew
B. Milers
|
C.
|
Sumantri
Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
12.
|
Pelaksanaan
pendidikan kesehatan pada jam pelajaran sesuai dengan Garis-garis Besar
Program Pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu pengetahuan social adalah
pelaksanaan pendidikan melalui …………..
|
A.
|
kegiatan
kurikuler
|
B.
|
kegiatan
ekstrakurikuler
|
C.
|
Palang
Merah Remaja
|
D.
|
Muatan
Lokal
|
13.
|
Usaha
Kesehatan Sekolah dijadikan sebagai usaha meningkatkan kesehatan anak usia sekolah
pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan, KECUALI :
|
A.
|
TK/RA
|
B.
|
Pendidikan
Dasar SD/MI
|
C.
|
Pendidikan
menengah SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.
|
D.
|
Mahasiswa
Perguruan Tinggi
|
14.
|
Zat
pengatur adalah zat gizi yang berfungsi mengatur metabolism (proses kerja
tubuh). Yang bukan termasuk kelompok zat pengatur adalah
|
A.
|
air
|
B.
|
karbohidrat
|
C.
|
vitamin
|
D.
|
mineral.
|
15.
|
Pada
mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat
teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
|
A.
|
masalah
sosial
|
B.
|
bidang
olahraga
|
C.
|
tubuh
manusia
|
D.
|
kesehatan
manusia
|
16.
|
Dalam
proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan
mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi
minat siswa terhadap …
|
A.
|
seks
|
B.
|
penampilan
|
C.
|
kesehatan
|
D.
|
pekerjaan
|
17.
|
Sejumlah
kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
|
A.
|
Standar
Kompetensi
|
B.
|
Kompetensi
Dasar
|
C.
|
Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran
|
D.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
18.
|
Gerakan
renang yang menyerupai hewan adalah …
|
A.
|
Gaya
bebas
|
B.
|
Gaya
dada
|
C.
|
Gaya
punggung
|
D.
|
Gaya
kupu-kupu
|
19.
|
Salah
satu jenis permainan tradisional yang kita pelajari adalah….
|
A.
|
Rounders
|
B.
|
Kasti
|
C.
|
Kippers
|
D.
|
Gobag
sodor
|
20.
|
Jarak
yang ditempuh dalam lari estafet adalah….
|
A.
|
4
x 300 m
|
B.
|
4
x 400 m
|
C.
|
1.600
m
|
D.
|
4
x 500 m
|
21.
|
Induk
organisasi sepak bola dunia adalah….
|
A.
|
FIFA
|
B.
|
FINA
|
C.
|
FIBA
|
D.
|
IAAF
|
22.
|
Perut
terasa mual, nafsu makan berkurang, tidak bergairah, wajah pucat, lesu, perut
buncit, dan gatal-gatal di sekitar dubur adalh tand-tanda penyakit….
|
A.
|
Kurang
gizi
|
B.
|
TBC
|
C.
|
Cacingan
|
D.
|
diare
|
23.
|
UKS
merupakan salah satu wahana untuk ………….
|
A.
|
Memupuk
kerjasama dan toleransi diantara para siswa sedini mungkin
|
B.
|
Meningkatkan
kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin.
|
C.
|
Meningkatkan
tingkat kecerdasan dan keahlian siswa sedini mungkin
|
D.
|
Memupuk
jiwa kepemimpinan siswa sedini mungkin
|
24.
|
Untuk
membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membagi
|
B.
|
menjumlah
|
C.
|
mengurang
|
D.
|
menghitung
|
25.
|
Tujuan
pemanasan sebelum melakukan latihan, kecuali…
|
A.
|
Menghindari
tejadinya cedera
|
B.
|
Meningkatkan
suhu badan
|
C.
|
Menyiapkan
fisik dan mental
|
D.
|
Untuk
memenangkan pertandingan
|
26.
|
Tempra
adalah salah satu obat….
|
A.
|
Diare
|
B.
|
Dehidrasi
|
C.
|
Turun
panas
|
D.
|
Cacingan
|
27.
|
Berikut
ini adalah pernyataan yang benar mengenai Memelihara Kebersihan
Pribadi, kecuali :
|
A.
|
Upaya
memelihara kebersihan pribadi peserta didik tidak terlepas dari upaya pendidikan
secara keseluruhan dan pendidikan kesehatan pada khususnya, karena menjaga
kebersihan pribadi secara optimal, tidak mungkin dapat terwujud tanpa adanya
penanaman sikap hidup bersih dan contoh teladan dari orangtua dan masyarakat
sekitarnya.
|
B.
|
Pendidikan
kebersihan adalah salah satu upaya pendidikan yang diberikan di sekolah dan
di lingkungan rumah tinggal.
|
C.
|
Memelihara
kebersihan pribadi perlu dukungan peralatan yang memadai karena tubuh kita
senantiasa bergerak dan berkeringat sehingga kuman mudah masuk atau menempel
di tubuh kita.
|
D.
|
Yang
diharapkan dari kebersihan pribadi adalah agar peserta didik mengetahui akan
manfaat dan pentingnya kebersihan pribadi an mampu membersihkan bagian-bagian
tubuh, serta mampu menerapkan perawatan kebersihan pribadi dalam upaya
peningkatan kesehatan pribadi.
|
28.
|
Urutan
latihan untuk mencapai kebugaran jasmani adalah….
|
A.
|
Latihan
inti, latiahan pemanasan, latihan pendinginan
|
B.
|
Latihan
pemanasan, latihan pendinginan, latihan inti
|
C.
|
Latihan
pemanasan, latihan inti, latihan pendinginan
|
D.
|
Latihan
pendinginan, latihan pemanasan, latihan inti
|
29.
|
Dibawah
Ini yang tidak termasuk menu makanan empat sehat lima sempurnaadalah
:
|
A.
|
Sepiring
nasi sebagai sumber zat tenaga
|
B.
|
Sepotong
daging atau ikan atau sepotong tempe sebagai sumber zat pembangun
|
C.
|
Semangkuk
sayur
|
D.
|
Segelas
es kelapa muda untuk menggantikan ion tubuh yang hilang
|
30.
|
Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
|
A.
|
kesulitan
memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir |
B.
|
menampakkan
marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
|
C.
|
mulai
muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
|
D.
|
mulai
muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
|
31.
|
Posisi
di depan penjaga gawang adalah…
|
A.
|
Back
|
B.
|
Playmaker
|
C.
|
Striker
|
D.
|
Keeper
|
32.
|
Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan .................................
|
A.
|
Tahap
pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap
bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap
pengembalian keputusan (decision making)
|
D.
|
Tahap
implementasi (implementation)
|
33.
|
Ruang
Lingkup UKS meliputi pernyataan dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
Penyelenggaraan
pendidikan kesehatan
|
B.
|
Penyelenggaraan
pelayanan kesehatan
|
C.
|
Pembinaan
lingkungan kehidupan sekolah sehat
|
D.
|
Pembinaan
Tim Olah Raga yang solid
|
34.
|
Frekuensi
pencucian rambut sangat tergantung kepada hal-hal berikut, kecuali :
|
A.
|
Keadaan
cuaca apakah dalam keadaan lembab atau kering
|
B.
|
Tebal
atau tipisnya rambut, semakin tebal harus pula semakin sering dicuci.
|
C.
|
Lingkungan
atau tempat berada seseorang, misalnya pada lingkungan yang berdebu orang
tersebut harus sering mencuci rambutnya.
|
D.
|
Seseorang
yang sering memakai minyak rambut harus pula sering mencuci rambutnya.
|
35.
|
Induk
organisasi bola basket di Indonesia adalah….
|
A.
|
Persani
|
B.
|
Perbasi
|
C.
|
PSSI
|
D.
|
Persetasi
|
36.
|
Perhatikan
soal-soal di bawah ini.
75
68
27
13 _____ _ _____ + 58
71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering
dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
|
A.
|
proses
penghitungan
|
B.
|
memahami
simbol
|
C.
|
nilai
tempat
|
D.
|
bahasa
dan membaca
|
37.
|
Agar
penyakit tidak mudah menular / menyebar di sekitar kita, maka kita harus…
|
A.
|
Membiarkan
sampah menumpuk
|
B.
|
Membuang
sampah dimana saja
|
C.
|
Selalu
menjaga kebersihan lingkungan
|
D.
|
Membiarkan
saluran air kumuh
|
38.
|
Alat
pengukur suhu tubuh adalah….
|
A.
|
Barometer
|
B.
|
Thermometer
|
C.
|
Stopwatch
|
D.
|
Speedometer
|
39.
|
Pemahaman
simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa.
Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
|
A.
|
4
+ 3 = …..
|
B.
|
9
- 6 = …..
|
C.
|
8
- … = ….
|
D.
|
5
+ 4 = ….
|
40.
|
1.
Ciri-ciri
air yang dapat dikonsumsi kita adalah….
A.
Terasa
manis
B.
Tidak
berwarna dan tidak berbau
C.
Berbau
dan berwarna
Pahit
kadang manis
|
A.
|
Terasa
manis
|
B.
|
Tidak
berwarna dan tidak berbau
|
C.
|
Berbau
dan berwarna
|
D.
|
Pahit
kadang manis
|
41.
|
Lari
estafet disebut juga….
|
A.
|
Suttle
run
|
B.
|
Steaplecease
|
C.
|
Sprint
|
D.
|
Berantai
|
42.
|
Pembelajaran
Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan
karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
|
A.
|
Membangkitkan
minat siswa.
|
B.
|
Merangsang
siswa lebih aktif belajar.
|
C.
|
Memberi
kesempatan siswa berkreasi.
|
D.
|
Membiasakan
siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
|
43.
|
Satu
regu dalam permainan sepak bola adalah….
|
A.
|
10
orang
|
B.
|
11
orang
|
C.
|
12
orang
|
D.
|
13orang
|
44.
|
Start
yang digunakan pelari 100 meter adalah….
|
A.
|
Standing
start
|
B.
|
Flying
start
|
C.
|
Start
melayang
|
D.
|
Buch
start
|
45.
|
Orang
bertugas mengukur kecepatan lari disebut….
|
A.
|
Starter
|
B.
|
Timer
|
C.
|
Sprinter
|
D.
|
Juri
|
46.
|
Dalam
lari kemenangan ditentukan oleh….
|
A.
|
jarak
lari
|
B.
|
timer
|
C.
|
waktu
tempuh
|
D.
|
starter
|
47.
|
Suhu
badan normal manusia adalah….
|
A.
|
40°C
|
B.
|
39°C
|
C.
|
38°C
|
D.
|
37°C
|
48.
|
Imunisasi
ulang diberikan khusus wanita kelas VI SD sebanyak 2 kali berturut-turut
dengan tenggang waktu 4 minggu adalah….
|
A.
|
Depteri
tetanus
|
B.
|
Tetanus
texoid
|
C.
|
Bacillus
calmette quiren
|
D.
|
Defteri
pertusis tetanus
|
49.
|
Pelaksanaan
Pendidikan Kesehatan diberikan melalui :
|
A.
|
Kegiatan
kurikuler
|
B.
|
Kegiatan
ekstrakurikuler
|
C.
|
Kegiatan
kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler
|
D.
|
Melalui
Perkemahan Sabtu Malam Minggu
|
50.
|
Kreativitas
merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang
artinya kemampuan untuk ….
|
A.
|
memecahkan
masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain |
B.
|
penalaran
yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan |
C.
|
berfikir
tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan |
D.
|
mengembangkan
ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang |
51.
|
Tujuan
Pendidikan Kebersihan Pribadi adalah seperti dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
Meningkatkan
pengetahuan peserta didik mengenai masalah kebersihan dan hubungannya dengan
kesehatan perseorangan, kesehatan keluarga, dan kesehatan masyarakat.
|
B.
|
Mengubah
sikap mental peserta didik kearah positif yang akan mendorong mereka agar
secara sadar mencintai kebersihan, berbuat dan berperilaku sesuai dengan prinsip
hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.
|
C.
|
Meningkatkan
keterampilan peserta didik yang akan memungkinkan mereka memiliki kemampuan
untuk hidup bersih, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk kepentingan
keluarga dan lingkungannya.
|
D.
|
Meningkatkan
pengetahuan peserta didik mengenai teknik bermain satu cabang olahraga
sehingga memungkinkan siswa berprestasi secara professional.
|
52.
|
Tujuan
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah seperti tersebut dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
meningkatkan
mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan
kualitas derajad kesehatan
|
B.
|
meningkatkan
perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik maupun
warga belajar
|
C.
|
menciptakan
lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan
yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia
seutuhnya.
|
D.
|
menciptakan
tim olahraga yang solid yang siap berprestasi baik di tingkat local maupun
internasional
|
53.
|
Upaya
pertama dan yang paling utama agar seseorang dapat tetap dalam keadaan sehat
adalah dengan ………..
|
A.
|
Menjaga
kesehatan di lingkungan keluarga
|
B.
|
Menjaga
kesehatan di lingkungan sekolah
|
C.
|
Menjaga
kebersihan dan kesehatan diri sendiri
|
D.
|
Menjaga
kesehatan di lingkungan sekitar
|
54.
|
Puskesmas
adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan pemerintah yang dilaksanakan
pada tingkat….
|
A.
|
RW
|
B.
|
Desa
|
C.
|
Kecamatan
|
D.
|
Kotamadya
|
55.
|
Kompetensi
yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16
tahun 2007 adalah kompetensi …..
|
A.
|
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan manajerial.
|
B.
|
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan social.
|
C.
|
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
|
D.
|
Pedagogik,
professional, manajeria, dan sosial.
|
56.
|
Organisasi
Tim Pembina UKS pada tingkatan pemerintahan secara berjenjang diatur sebagai
berikut, KECUALI :
|
A.
|
Tim
Pembina UKS Pusat, dibentuk di tingkat Pusat dan ditetapkan oleh Mendiknas,
Menkes, Menag, dan Mendagri (SKB 4 Menteri);
|
B.
|
Tim
Pembina UKS tingkat sekolah dibentuk di tingkat sekolah dan ditetapkan oleh
Kepala Sekolah
|
C.
|
Tim
Pembina UKS Provinsi, dibentuk di tingkat Provinsi dan ditetapkan oleh
Gubernur;
|
D.
|
Tim
Pembina UKS Kabupaten/Kota, dibentuk di tingkat Kabupaten/Kota dan ditetapkan
oleh Bupati/Walikota;
|
57.
|
Mencari
penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
|
A.
|
Bujukan
(persuasion)
|
B.
|
Konfirmasi
(confirmation)
|
C.
|
Implementasi
(implementation)
|
D.
|
Pengembalian
keputusan (decision making)
|
58.
|
Berikut
ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya
kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
|
A.
|
suara
|
B.
|
kosakata
|
C.
|
artikulasi
|
D.
|
kelancaran
|
59.
|
Sumber
makanan yang banyak B mengandung vitamin C adalah …
|
A.
|
Kangkung,
daun singkong, bayam
|
B.
|
Jeruk,
tomat, jambu
|
C.
|
Wortel,
pepaya, nanas
|
D.
|
Semangka,
salak, bayam
|
60.
|
Kemampuan
awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi
dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara
tetangga’, adalah ….
|
A.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
|
B.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
|
C.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
|
D.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
|
61.
|
Kuku
jari tangan maupun jari kaki harus selalu dipelihara kebersihannya. Ciri-ciri
kuku yang sehat adalah seperti dibawah ini kecuali :
|
A.
|
Permukaan
agak kasar sebagai pertanda kuku yang sehat
|
B.
|
Kuku
tumbuh dengan baik
|
C.
|
Kuat
|
D.
|
Bersih
|
62.
|
Salah
satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai
komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan
tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
|
A.
|
Addition
|
B.
|
Restructuring
|
C.
|
Alternation
|
D.
|
Substitution
|
63.
|
Standar
nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,
kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan
efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ….
|
A.
|
Standar
Proses.
|
B.
|
Standar
Kompetensi Lulusan.
|
C.
|
Standar
Sarana dan Prasarana.
|
D.
|
Standar
Pengelolaan.
|
64.
|
Kick
off dilakukan
di….
|
A.
|
Tengah
lapangan
|
B.
|
Pinggir
lapangan
|
C.
|
Depan
gawang
|
D.
|
Penjuru
lapangan
|
65.
|
Imunisasi
mempunyai sifat….
|
A.
|
Preventif
|
B.
|
Kuratif
|
C.
|
Rehabilitative
|
D.
|
Presentatif
|
66.
|
Zat
pembangun adalah zat gizi yang diperlukan tubuh untuk membangun atau untuk
melakukan pertumbuhan. Yang bukan termasuk Zat Pembangun adalah
|
A.
|
Protein
|
B.
|
Mineral
|
C.
|
Air
|
D.
|
Karbohidrat
|
67.
|
Handspring
termasuk gerakan …
|
A.
|
Atletik
|
B.
|
Renang
|
C.
|
Senam
|
D.
|
Silat
|
68.
|
Minat
siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat
terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
|
A.
|
nama-nama
keluarga
|
B.
|
penampilan
diri
|
C.
|
ikatan
kekerabatan
|
D.
|
jenis
pekerjaan orang tua
|
69.
|
Selain
anjing, binatang lain yang dapat menyebabkan rabies adalah…..
|
A.
|
Kera
|
B.
|
Kodok
|
C.
|
Nyamuk
|
D.
|
Ikan
|
70.
|
Pada
anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan
tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
|
A.
|
sosial
|
B.
|
moral
|
C.
|
intelektual
|
D.
|
emosional
|
71.
|
Setiap
guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan
amanah dari Permendiknas …..
|
A.
|
Nomor
22 tahun 2006 tentang Standar Isi
|
B.
|
Nomor
23 tahun 2006 tentang SKL
|
C.
|
Nomor
41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
D.
|
Nomor
20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
|
72.
|
Dalam
proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi
pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar
pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa
terhadap ….
|
A.
|
kesehatan
|
B.
|
status
|
C.
|
penampilan
|
D.
|
pekerjaan
|
73.
|
Induk
organisasi renang Indonesia adalah…
|
A.
|
PRSI
|
B.
|
PSII
|
C.
|
ISSI
|
D.
|
IPSI
|
74.
|
Apabila
terjadi pelanggaran di depan goal area oleh pemain bertahan maka hukumannya
adalah….
|
A.
|
Goal
kick
|
B.
|
Penalty
|
C.
|
Free
kick
Corner |
D.
|
kick
|
75.
|
Lari
termasuk cabang olahraga…..
|
A.
|
Atletik
|
B.
|
Senam
|
C.
|
Binaraga
|
D.
|
beladiri
|
76.
|
Perkembangan
perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan
moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral,
seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
|
A.
|
coba-ralat
(trial and error)
|
B.
|
pendidikan
langsung,
|
C.
|
identifikasi
|
D.
|
observasi
|
77.
|
Salah
satu kegiatan social yang dilakukan dalam posyandu adalah antaralain…
|
A.
|
Penyuluhan
gizi
|
B.
|
Operasi
kelahiran
|
C.
|
Perawatan
penyakit kronis
|
D.
|
Pemberian
obat
|
78.
|
Sasaran
Pembinaan UKS adalah seperti dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
Peserta
didik dan Pembina UKS
|
B.
|
RPP
dan Silabus di sekolah termasuk metodologi mengajar
|
C.
|
Sarana
dan prasarana pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan
|
D.
|
Lingkungan
|
79.
|
Tangki
septic adalah
tempat menampung….
|
A.
|
Sampah
|
B.
|
Limbah
|
C.
|
Air
buangan dapur
|
D.
|
tinja
|
80.
|
Pada
usia remaja putra, pertumbuhan fisik akan terus bertambah hingga usia….
|
A.
|
21
tahun
|
B.
|
20
tahun
|
C.
|
18
tahun
|
D.
|
19
tahun
|
81.
|
Zat
makanan yang berfungsi sebagai sumber tenaga adalah …
|
A.
|
Protein,
mineral, air
|
B.
|
Vitamin,
mineral, air
|
C.
|
Karbohidrat,
lemak, protein
|
D.
|
Lemak,
vitamin, air
|
82.
|
Kaporit dalam system penjernihan air
berfungsi sebagai….
|
A.
|
Menghilangkan
bau
|
B.
|
Menghilangkan
warna
|
C.
|
Mengharumkan
air
|
D.
|
Membunuh
kuman.
|
83.
|
Pengoreksi
sikap dan bentuk tubuh yang salah adalah tujuan dari….
|
A.
|
Senam
artistic
|
B.
|
Senam
ritmik
|
C.
|
Senam
irama
|
D.
|
General
gymnastic
|
84.
|
Ventilasi
udara dalam rumah berguna untuk….
|
A.
|
Pergantian
cahay matahari
|
B.
|
Pergantian
suasana
|
C.
|
Pergantian
udara
|
D.
|
Ke
luar masuknya masuk
|
85.
|
Salah
satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan
kognitif adalah ….
|
A.
|
menangkap
makna secara penuh
|
B.
|
mengingat
kembali kata-kata
|
C.
|
membandingkan
informasi yang diterima
|
D.
|
merumuskan
alternatif pemecahan masalah
|
86.
|
Dalam
usaha peningkatan kesehatan, masalah kebiasaan hidup bersih, menyenangi
kebersihan dan keserasian harus ditanamkan sejak dini, yaitu :
|
A.
|
Sejak
bayi masih berada dalam kandungan
|
B.
|
dari
kelas satu sekolah dasar, bahkan sejak ditaman kanakkanak (pra sekolah).
|
C.
|
Sejak
kelas 3 SD
|
D.
|
Sejak
kelas 5 SD
|
87.
|
Dalam
proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi
dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
|
A.
|
mengenal
pentingnya tata tertib di mayarakat
|
B.
|
melaksanakan
hidup rukun di masyarakat
|
C.
|
mengenal
lingkungan rumah dan sekolah
|
D.
|
mengikuti
tata tertib di rumah dan sekolah
|
88.
|
Tim
UKS di Sekolah/Madrasah dan Perguruan Agama memiliki tugas dan wewenang
selaku :
|
A.
|
Tim
Pembina
|
B.
|
Tim
Pelaksana
|
C.
|
Tim
Pengawas
|
D.
|
Tim
Pemantau
|
89.
|
Pengukuran
pertumbuhan perlu dilakukan untuk menentukan apakah tumbuh kembang seseorang
berjalan normal atau tidak. Anak yang sehat akan menunjukan pertumbuhan yang
optimal. Manfaat pengukuran pertumbuhan adalah sebagai berikut KECUALI :
|
A.
|
Sebagai
bahan informasi untuk menilai keadaan kekurangan gizi baik yang akut maupun
yang kronis.
|
B.
|
Basis
data fisik dan pribadi anak sebagai dasar pengiriman ke cabang olahraga yang
relevan
|
C.
|
Memonitor
keadaan kesehatan, misalnya pada pengobatan penyakit.
|
D.
|
Dasar
perhitungan dosis obat dan makanan yang perlu diberikan.
|
90.
|
Berikut
ini adalah pernyataan yang benar mengenai Pertumbuhan,
kecuali..................
|
A.
|
Pertumbuhan
berkaitan dengan berkembangnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang
lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diperkirakan
|
B.
|
Pertumbuhan
berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi
tingkat sel
|
C.
|
Pertumbuhan
berkaitan dengan masalah perubahan organ maupun individu, yang biasanya
diukur dengan ukuran berat (kilogram), ukuran panjang ( cm, meter), umur
tulang dan keseimbangan
|
D.
|
Pertumbuhan
mempunyai dampak terhadap aspek fisik.
|
91.
|
Untuk
membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan
fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat
yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membuat
karangan deskriptif
|
B.
|
melengkapi
kalimat belum selesai
|
C.
|
menyusun
kalimat sederhana
|
D.
|
membaca
kalimat sederhana
|
92.
|
Gaya
gunting adalah gaya dalam….
|
A.
|
Lompat
jauh
|
B.
|
Lompat
tinggi
|
C.
|
Lompat
indah
|
D.
|
Lompat
jangkit
|
93.
|
Usia
remaja yang sudah dapat mengendalikan emosi adalah….
|
A.
|
Remaja
pemuda
|
B.
|
Remaja
yunior
|
C.
|
Remaja
senior
|
D.
|
Remaja
usia puber
|
94.
|
Mencegah
selalu lebih baik dan murah daripada mengobati. Oleh karena itu, penting
sekali mengusahakan agar setiap orang dapat berbuat dan melakukan usaha
pencegahan, antara lain seperti dibawah ini, KECUALI
|
A.
|
Memelihara
dan meningkatkan kebersihan, serta menjauhkan diri dari sumber penyakit
sehingga terhindar dari penularan.
|
B.
|
Memeriksakan
kesehatan diri pribadi secara teratur dalam jangka waktu
tertentu,sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun.
|
C.
|
Meningkatkan
daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, misalnya dengan jalan pengebalan
(vaksinasi) dan selalu makan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan.
|
D.
|
Hanya
makan makanan yang memiliki standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan
sehingga asupan gizi yang masuk ke tubuh kita memenuhi standar minimal.
|
95.
|
Alat
yang dipergunakan untuk senam lantai adalah….
|
A.
|
Papan
|
B.
|
Ubin
|
C.
|
Matras
|
D.
|
Bale
|
96.
|
Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
|
A.
|
menunjukkan
variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
|
B.
|
memiliki
keterampilan fisik untuk memainkan permainan
|
C.
|
penambahan-penambahan
dalam kemampuan motorik halus
|
D.
|
memiliki
kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
|
97.
|
Dengan
telah diberlakukannya Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, maka berbagai program
pelaksanaan UKS di setiap daerah pada dasarnya diserahkan sepenuhnya kepada
………………………….. untuk menentukan prioritas programnya
|
A.
|
Tim
Pembina UKS di daerahnya masing-masing
|
B.
|
Kepala
Sekolah
|
C.
|
Dinas
Pendidikan Tingkat Kecamatan
|
D.
|
Dinas
Pendidikan Tingkat Kabupaten
|
98.
|
Usaha
Kesehatan Sekolah adalah wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan
derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. UKS merupakan perpaduan dua
upaya dasar yaitu …………
|
A.
|
upaya
pendidikan dan upaya kesehatan.
|
B.
|
Upaya
pendidikan dan pelatihan
|
C.
|
Upaya
olah raga dan kesehatan
|
D.
|
Upaya
olah raga dan Pramuka
|
99.
|
Berat
peluru yang dilombakan untuk putra senior adalah …
|
A.
|
4
kg
|
B.
|
4,26
kg
|
C.
|
7
kg
|
D.
|
7,26
kg
|
100.
|
Materi
Pendidikan Kesehatan di SD yang masuk dalam SAINS pada KBK adalah sebagai
berikut, KECUALI :
|
A.
|
Kebersihan
dan kesehatan pribadi
|
B.
|
Makanan
bergizi.
|
C.
|
Pendidikan
kesehatan reproduksi.
|
D.
|
Sistem
pernapasan
|
No comments:
Post a Comment